Kelezatan Cucur Bayao Bisa Jadi Cemilan Favorit Keluarga

Sabtu, 15 Desember 2018 - 16:11 WIB
Kelezatan Cucur Bayao...
Kelezatan Cucur Bayao Bisa Jadi Cemilan Favorit Keluarga
A A A
JAKARTA - Bagi sebagian ibu muda, nama Cucur Bayao memang terdengar asing, apalagi merasakan sensasinya. Akan tetapi, setelah menikmati, kudapan ini bisa menjadi cemilan favorit keluarga.

Untuk membuatnya, Rudy Choirudin berbagi resep dalam program Rasasayange yang ditayangkan MNCTV setiap Sabtu, pukul 08.00 WIB. Berikut resepnya.

Bahan 1:
¼ sdt Desaku Kunyit Bubuk
1 sdm air panas

Bahan 2:
12 butir kuning telor
1 sdm tepung terigu
1 sdm margarin cair
¼ sdt garam
25 g kacang kenari kupas, cincang halus

Bahan 3:
300 ml air
300 g gula
½ sdt vanilli bubuk
½ sdt garam
1 lembar pandan, diikat simpul
1 buah jeruk nipis, ambil airnya

Cara membuat:
Kocok lepas kuning telor hingga sedikit berbuih di dalam mangkok. Masukkan kunyit bubuk di dalam mangkok kecil, tuangkan air panas. Aduk rata.

Masukkan larutan kunyit bubuk, tepung, margarin cair dan garam ke dalam kocokan kuning telor, aduk rata. Panaskan air di dalam kukusan yang tutupnya sudah dibungkus dengan serbet bersih.

Sambil menunggu kukusan menjadi panas, masukkan kacang kenari ke cetakan kue mangkok, lalu tuangkan adonan, dan taburi bagian atasnya dengan kacang kenari lagi.

Ulangi hingga semua adonan habis, kemudian kukus adonan selama 15 menit. Angkat dan setelah agak dingin keluarkan dari cetakan

Rebus semua bahan 3 (kecuali air jeruk nipis) dengan api sedang hingga gula larut dan mendidih, matikan api dan masukkan air jeruk nipis. Tuangkan larutan gula ke permukaan kue, biarkan menyerap sempurna. Kue ini cocok dimakan hangat-hangat maupun dingin, sama enaknya.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0809 seconds (0.1#10.140)